Laman

Kamis, 23 Desember 2010

Skripsi

SIKAP ORANG TUA TERHADAP KELANJUTAN STUDI ANAK DITINJAU DARI PENDIDIKAN ORANG TUA
(Studi Kasus Dilingkungan Dusun Nusa Sari
Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat)
1.1 Latar Belakang
Pendidikan merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia dan sekaligus merupakan upaya menyiapkan manusia agar mampu hidup dan membangun masa depan. Pendidikan berlangsung seumur hidup dan berlangsung didalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, karena itu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah.
Manusia adalah mahluk yang tumbuh dan berkembang ia ingin mencapai suatu kehidupan yang optimal, kehidupan yang lebih baik secara optimal. Selama manusia berusaha untuk meningkatkan kehidupannya, baik dalam meningkatkan kehidupannya dan mengembangkan kepribadian dan kemampuan atau keterampilannya secara sadar atau tidak sadar, maka selama itulah pendidikan masih berjalan terus.
Pendidikan sepanjang hayat memandang jauh kedepan, berusaha untuk menghasilkan manusia dan masyarakat baru. Pendidikan sepanjang hayat merupakan asas pendidiak yang cocok bagi orang-orang yang hidup dalm dunia transportasi dan informasi, serta didalam masyarakat yang saling mempengaruhi yaitu masyarakat modern. Manusia tersebut harus mampu menyesuaikan dirinya secara terus menerus dengan situasi baru.
Pendidikan sepanjang hayat merupakan jawaban terhadap kritik-kritik yang dilontarkan pada sekolah. Sistem sekolah tradisional mengalami kesukaran dalam menyesuaikan diri dengan perubahan kehidupan yang sangat cepat dalam abad terakhir ini dan tidak dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan atau tuntutan-tuntutan manusia yang makin meningkat, aneka macam pekerjaan dan lapangan kerja serta pasang surutnya kesempatan kerja yang sangat cepat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam dunia pendidikan.
Menurut konsep pendidikan sepanjang hayat, kegiatan-kegiatan pendidikan dianggap sebagai suatu keseluruhan. Seluruh sektor pendidikan merupakan suatu sistem terpadu. Konsep ini harus disesuaikan dengan kenyataan serta kebutuhan masyarakat yang bersangkutan. Suatu masyarakat yang telah maju akan memiliki kebutuhan berbeda dengan masyarakat yang belum maju atau masih terbelakang. Apabila sebagian besar masyarakat suatu bangsa masih banyak yang buta huruf, maka pemberantasan buta huruf mnenjadi prioritas utama dalam pendidikan. Tetapi didalam Negara yang sudah maju pesat, masalah bagaimana mengisi waktu senggang itulah yang menjadi prioritas utama.
Dan untuk kelanjutan pendidikan seseorang keluarga, sekolah, dan masyarakat merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dan keluarga khususnya orang tua adalah pihak yanmg sangat penting dan sangat berpengaruh dalam pendidikan terutama pendidiakn anak.
Dari hasil observasi didapatkan bahwa anak sekolah yang ada dilingkungan dusun Rincung kecamatan Gerung Lombok Barat sebagian besar terdiri dari anak usia sekolah dasar, dan selebihnya anak yang sekolah pada tingkat pendidikan menengah dan perguruan tinggi.
Berdasarkan hasil observasi tersebut maka dapat diketahui bahwa lebih banyak anak usia sekolah dasar dan tingkat pendidikan orang tua lebih banyak pada tingkat pendidikan orang tua lebih banyak pada tingkat pendidikan dasar atau sekolah dasar tetapi tidak tamat. Untuk itulah penulis ingin melakukan penelitian tentang masalah yang berkaitan dengan sikap orang tua dalam melanjutkan studi anak jika ditinjau dari segi pendidikan orang tua (studi kasus dilingkungan dusun Rincung, Kecamatan Geung, Lombok Barat)
1.2 Rumusan masalah
Dari uraian latar belakang diatas maka dapat diambil suatu permasalahan yang menyangkut :
1. Bagaimana sikap orang tua terhadap kelanjutan studi anak di tinjau dari tingkat pendidikannya ?
2. Adakah perbedaan sikap orang tua tersebut terhadap kelanjutan studi anak ditinjau dari tingkat pendidikannya.
1.3 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan dengan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah :
1. Ingin mengetahui dan mengungkap sikap sekelompok orang tua (masyarakat) di dusun Nusa Sari, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat terhadap kelanjutan studi anaknya ditinjau dari segi pendidikan orang tua.
2. Ingin mengungkap dan menganalisis faktor-faktor penyebab adanya perbedaan masyarakat tersebut dalam melanjutkan studi anaknya ditinjau dari segi pendidikan orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar